Banda Aceh, Seputar Aceh – Terpilihnya Qory Sandioriva sebagai Puteri Indonesia 2009 menjadi bahan pembicaraan sarat kontroversi. Sejak terpilihnya gadis itu di Jakarta, Sabtu (10/10) dini hari, ia kerap diprotes oleh sebagian golongan masyarakat di Aceh.

Menanggapi hal itu, Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar mengatakan masyarakat Aceh harus berpikir positif. Menurut dia, Qory memang seorang puteri asal Aceh.

“Ketika pulang ke Aceh, dia pasti akan memakai jilbab, karena dia tahu Aceh ini negeri syariat Islam,” kata Nazar kepada Seputar Aceh, di Auditorium Ali Hasymi Banda Aceh, Selasa (13/10).

Selain mengomentari Qory, wakil gubernur meminta masyarakat Aceh tidak terpengaruh budaya luar. Menurutnya, semakin banyak pendatang dari luar negeri ke Aceh ini justru akan menguji tingkat keimanan. “Kita tidak boleh terpengaruh budaya orang lain,” ujarnya.

Dia mencontohkannya Bali. “Lihat masyarakat Bali. Meski banyak pendatang dari luar negeri, mereka tidak pernah terpengaruh dengan budaya luar. Orang Bali tetap berpegang teguh pada budayanya, tidak mau ikut-ikutan,” paparnya. [sa-hsi]

KOMENTAR