Wisatawan di Aceh (Serambi Indonesia/BUDI FATRIA)

Wisatawan di Aceh (Serambi Indonesia/BUDI FATRIA)Jakarta — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menilai wisata Meeting, Incentives, Convention dan Event (MICE) berperan penting tingkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia.

Hal ini dilihat dari kenaikan jumlah kunjungan isman di pintu utama Bandara Udara Ngurah Rai dan Soekarno Hatta.

Berdasarkan data Direktorat Pengembangan Pasar Kemenparekraf, dibandingkan bulan Oktober tahun lalu, pintu masuk Ngurah Rai, Bali naik 3,39 persen atau naik 8.925 wisman karena banyaknya event internasional yang diselenggarakan di Bali. Sementara Soekarno Hatta, Jakarta kenaikannya 5,61 persen atau naik 9.826 wisman karena sejumlah artis dan grup musik dunia melakukan konser di Jakarta.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melihat Indonesia sangat berpotensi untuk mengembangkan wisata MICE. Selain jumlah wisatawan, wisata MICE juga akan meningkatkan kualitas wisatawan karena umumnya mereka akan tinggal lebih lama dan nilai pengeluarannya.

“Tahun depan Indonesia menjadi tuan rumah APEC, dan sejumlah even internasional seperti Miss World yang berpotensi untuk mendatangkan wisman dalam jumlah yang besar dan mengangkat promosi Indonesia,”ujar Mari Elka Pangestu di kantornya, Senin (3/12).

Kemenparekraf telah menjadikan wisata MICE sebagai salah satu dari 7 wisata minat khusus yang akan menjadi fokus pengembangan (flagship).

“Hal ini (MICE) akan berdampak pada kontribusi wisman untuk mencapai target 9 juta wisman tahun depan,” ungkap Mari Elka Pangestu. (tribunnews.com)

KOMENTAR