Jantho, Seputar Aceh – Persatuan pondok pesantren modern Aceh akan menggelar lomba perkemahan antarpesantren se-Sumatera, yang  rencananya akan dilaksanakan mulai tanggal 24 hingga 27 Oktober, di Pondok Pesantren Oemardiyan Indra Puri, Aceh Besar.

Even yang dikhususkan untuk pramuka putri ini merupakan pertama kali dilaksanakan di Aceh. Sedangkan lomba perkemahan antarpesantren untuk putra telah beberapa kali dilaksanakan. Hingga saat ini 600 peserta dari 25 pesantren telah mendaftar.

Sarwoko ketua panitia penyelenggara menuturkan “sebagai target kita telah mengundang seluruh pesantren se-Sumatera. Tapi sebab musibah di Sumatera Barat beberapa saat yang lalu, menyebabkan beberapa pesantren di luar Aceh berhalangan hadir,” kata dia kepada Seputar Aceh, Jumat (23/10)

“Dan kita sudah pastikan hari ini (Jumat, 23/10) adalah hari terakhir untuk pendaftaran peserta. Dan kita tetapkan 25 pesantren yang sudah mendaftar adalah sebagai peserta aktif dalam even ini,” tambah Sarwoko.

Dijelaskan, lomba tersebut merupakan ajang silaturahmi bagi para guru pesantren dan antar murid. Lomba tersebut akan ditetapkan sebagai agendan tahunan. Rencananya, acara akan dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Muhammad Nazar selaku Ketua Kwartir Daerah Aceh. Namun, saat ini, Nazar berhalangan hadir dan diwakilkan oleh Anwar Ahmad, Ketua Kwarcab Aceh Besar, yang juga wakil bupati setempat. [sa-amz]

KOMENTAR