Banda Aceh – Tingkat kelulusan ujian nasional (UN) SMA/sederajat di Provinsi Aceh mencapai 99,22 persen atau terjadi peningkatan dari UN tahun-tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah pelaksanaan UN tahun 2012 di Aceh, khususnya tingkat SMA/sederajat lebih baik, dan kelulusan siswa juga mengalami peningkatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” kata Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Bachtiar Ishak di Banda Aceh, hari ini.

Bachtiar menerangkan, UN tingkat SMA, MA, SMK dan SMALB di Aceh diikuti peserta 66.812 orang. 475 siswa tidak lulus ujian atau sekitar 1,88 persen. Sementara tingkat kelulusan UN SMA/sederajat tahun 2011 mencapai 99,13 persen dari total peserta sebanyak 81.294 orang siswa di 23 kabupaten dan kota di provinsi berpenduduk sekitar 4,6 juta jiwa tersebut.

Sedangkan UN 2010 untuk SMA/sederajat, tingkat kelulusan siswa sebesar 98, 93 persen dari total pesertanya mencapai 82.008 orang atau yang tidak lulus 714 siswa. “Artinya, tingkat kelulusan UN SMA/sederajat di Aceh akan terus lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya sepanjang tiga tahun terakhir,” kata Bachtiar menambahkan.

Ia menjelaskan, meningkatnya kelulusan siswa pada UN 2012 itu juga tidak terlepas dari sosialisasi ke sekolah-sekolah yang dilakukan pemerintah, selain upaya penambahan jam belajar, khususnya terhadap mata pelajaran UN. “Kesiapan siswa dalam menghadapi ujian (UN) serta kepedulian masyarakat khususnya para orang tua terhadap pentingnya pendidikan anak di Aceh juga mulai menunjukkan peningkatan dalam kurun beberapa tahun terakhir,” katanya.

Sementara itu, sekretaris pengawas UN dari Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh, Yusrizal juga mengatakan pelaksanaan UN 2012 berjalan lancar dan lebih baik dibandingkan sebelumnya. “Pengawasan terhadap UN itu telah kami lakukan mulai dari tahapan, distribusi soal sampai dengan pelaksanaan serta penilaian. Semuanya kita lakukan dengan ketat sehingga mustahil terjadi kebocoran lembaran soal,” kata dia menjelaskan. (waspada)