Bireuen, Seputar Aceh – Sejumlah hasil kegiatan pembangunan sekolah yang didanai melalui program Australian Indonesian Partnership-Communities and Education Program in Aceh (AIP-CEPA) diserahkan kepada Pemkab Bireuen di Aula Setdakab Selasa (20/10).

Tim Leader AIP CEPA, Irvanny Ali mengatakan program pembangunan dan rehabilitasi sekolah program AIP CEPA di Kabupaten Bireuen telah membangun sebanyak 29 sekolah di gugus Simpang Mamplam, Jeunieb, Peusangan dan Kutablang.

“Pembangunan yang dilaksanakan dengan pelibatan masyarakat, komite sekolah dan guru dengan sistem swakelola,” ujar Irvanny seraya mengatakan program AIP CEPA di Bireuen akan berakhir 31 Oktober 2009.

Selain itu turut dibangun maupun direhabilitasi sebanyak 85 ruang belajar baru, 19 ruang kepala sekolah, sembilan ruang guru, 12 ruang serbaguna dan tujuh unit toilet (MCK) di sejumlah sekolah di empat gugus kerja.

Bupati Bireuen Nurdin Abdul Rahman mengharapkan donasi melalui AIP-CEPA dengan membangun sarana sekolah maupun yang direhab menjadi lebih baik harus dibarengi dengan peningkatan kualitas lulusan sekolah.

“Bila lulusan sekolah dan kualitas pendidikan masih seperti sebelumnya maka akan sangat memalukan kita semua,” katanya sambil menantang kalangan guru untuk terus memajukan mutu pendidikan. [sa-mhs]

KOMENTAR