Banda Aceh, Seputar Aceh – Satu lagi novel karya putra Aceh diluncurkan. Novel berjudul ”Burung Rantau Pulang ke Sarang” ini ditulis oleh Teuku Azhar Ibrahim selama ia menuntut ilmu di Universitas Al-Azhar Mesir. Bercerita tentang pengembaraan Teungku Chik sebagai tokoh berpengaruh di kerajaan Pasai.

“Setting tempat novel ini awalnya di sebuah dayah pinggiran kaki gunung Seulawah, kemudian berlanjut ke kerajaan Pasai,” ujar Teuku Azhar Ibrahim di Lamgugop, Banda Aceh, Minggu (22/8).

Salah satu bagian cerita novel terbitan Bandar Publishing ini berksiah tentang pengembaraan Teungku Chik, disisipi dengan kisah kunjungan Laksamana Cheng Ho ke kerajaan Pasai, keadaan umat Islam di daratan Tiongkok, pertualangan para saudagar Islam di sepanjang selat Malaka dan peran seorang utusan kerajaan Pasai dalam merangkai hubungan antar kerajaan, mulai dari Laut Merah hingga Selat Malaka.

“Penulis novel ini seorang teman dekat Habiburrahman El Shirazy semasa di Kairo dan aktif sebagai pemimpin redaksi buletin El Asyi,” ujar Mukhlisuddin Ilyas, Direktur Bandar Publishing.[sa-qm] .

KOMENTAR