Banda Aceh — Sudah menjadi tradisi setiap penanggalan Hijriah atau bertepatan dengan bulan Ra’jab di Aceh identik dengan khenduri apam.

Apam yang sering disebut serabi oleh masyarakat umum ini memang sudah terbilang langka kini untuk bisa dijumpai di daerah-daerah. Dulunya tradisi yang bersifat massal ini sering digeluti oleh masyarakat Aceh seperti di Pidie, Aceh Utara, dan Aceh Besar.

Namun, jangan bersedih hati buat Anda yang sedang berada di Aceh, tepatnya Minggu (10/6) besok bisa ikut merasakan atau mencicip penganan kue apam di Museum Aceh (Rumoh Aceh), Banda Aceh.

Dari informasi yang kami dapat, khenduri apam yang akan dilaksanakan besok digagas oleh keluarga besar Sultan Aceh dari cucu dan cicit Muhammad Daud Syah (1874-1903).

Hal ini disampaikan oleh Agam Al Usmani dalam jejaring sosial Facebook pagi tadi. “Khenduri apam ini merupakan khenduri dari cucu dan cicit Sultan Muhammad Daud Syah”, ujarnya.

Diharapkan dengan adanya acara seperti ini, masyarakat Aceh bisa tetap melestarikan kembali budaya dan tradisi khenduri apam pada bulan Ra’jab. Jadi, bagaimana Anda tertarik untuk melihat khenduri apam? datang saja karena acara ini terbuka untuk umum.[]

KOMENTAR