Bireuen, Seputar Aceh – Hari pertama kerja setelah cuti nasional merayakan Idul Fitri, Kamis (24/9), banyak pegawai baik PNS dan honorer di lingkungan Setdakab Bireuen dan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di kabupaten ini bolos.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bireuen, Jamaluddin, mengakuinya. Kata Jamal, menurut absensi tingkat kehadiran pegawai di Kabupaten Bireuen rata-rata hanya 50 persen.

“Secara rata-rata kehadiran hanya 50 persen. Tapi, secara umum sebagian besar SKPD juga normal beraktifitas, terutama dinas yang berhubungan langsung dengan pelayanan publik,” ujarnya.

Bahkan, kata Jamaluddin, pada Kamis pagi di sekretariat langsung dilakukan apel pagi yang dipimpin Asisten III Serdakab Bireuen Jailani Abdullah. Kemudian dilanjutkan inspeksi mendadak ke sejumlah dinas, badan dan kantor serta sejumlah bagian di Setdakab Bireuen.

Ia mengatakan semua data pegawai yang tidak hadir telah dikumpulkan untuk selanjutnya diserahkan kepada pimpinan.

“Pegawai yang tidak hadir akan diberi sanksi sesuai dengan Surat Edaran Gubernur Aceh dan Mendagri. Bentuk sanksi itu wewenang pimpinan,” ujarnya. [sa-mdi]

KOMENTAR