Kementerian PerindustrianKEMENTERIAN Perindustrian membuka pendaftaran program beasiswa bagi pelajar berprestasi di tingkat Sekolah Menengah Tingkat Atas (SMA/MA/SMK), untuk disekolahkan pada Unit Pendidikan di Lingkungan Kementerian Perindustrian.

“Mereka akan diikutsertakan pada Program Beasiswa Calon Tenaga Penyuluh Lapangan (TPL) IKM setara dengan program D-3 , dan disiapkan sebagai tenaga penyuluh lapangan sekaligus sebagai calon wirausahawan IKM dan pembina IKM,” seperti dikutip dar setkab.go.id.

Dalam suratnya kepada para gubernur, bupati, walikota, kepala Dinas Perindag, dan kepala dinas Diknas provinsi dan kabupaten/kota, Sekjen Kemenperin Ansari Bukhari menyebutkan bahwa program beasiswa ini diprioritaskan untuk daerah yang memiliki potensi kuat di bidang IKM, namun belum mempunyai tenaga penyuluh lapangan IKM.

Diharapkan begitu lulus program D-3 TPL IKM para peserta akan ditempatkan di kabupaten/kota asal sebagai TPL IKM. “Dengan sistem kontrak, selama dua tahun segala biaya operasional honor dan biaya operasional lainnya bagi yang bersangkutan menjadi tanggung jawab Ditjen IKM,” kata Ansari Bukhari .

Berkas lamaran/pendaftaran dapat dikirim secara perorangan atau kolektif, dengan disertai surat pengantar dari Kepala Sekolah/Pemerintah Daerah/Dinas yang menangani sektor industri setempat, yang ditujukan kepada : Biro Kepegawaian Kementerian Perindustrian RI Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 52-53, Lt. 8 Jakarta Selatan, paling lambat tanggal 31 Mei 2013 (cap pos).

Persyaratan, pilihan program konsentrasi, formulir, dan informasi lebih lanjut mengenai Program Beasiswa TPL IKM dapat dilihat pada file di bawah ini: