Tokyo, AFP – Pendiri Microsoft Bill Gates dan Toshiba akan bekerja sama membangun reaktor nuklir generasi selanjutnya yang dapat beroperasi lebih dari 100 tahun tanpa pengisian ulang bahan bakar.

Upaya pembangunan bersama mereka akan fokus pada “Traveling-Wave Reactor” (TWR), yang mengonsumsi uranium terkosong sebagai bahan bakar. Demikian dilaporkan harian ekonomi Nikkei, tanpa menyebutkan sumber.

Reaktor air-ringan saat ini membutuhkan pengisian ulang bahan bakar setiap beberapa tahun.

Gates diperkirakan akan menggunakan kekayaan pribadinya untuk mendukung pembangun TWR dan investasinya dapat mencapai beberapa miliar dolar AS.
Teknologi TWR sedang dikembangkan oleh TerraPower, yang berkantor pusat di negara bagian Washington dan dimiliki secara efektif oleh Gates.

Karena TerraPower kurang memahami bagaimana memproduksi peralatan pembangkit listrik nuklir, perusahaan itu memutuskan untuk bekerja sama dengan Toshiba, yang telah mengembangkan disain untuk reaktor “ultracompact” yang dapat beroperasi secara terus menerus selama 30 tahun.

Toshiba memiliki perusahaan pembuat pembangkit listrik tenaga nuklir AS Westinghouse.

Belum diperoleh komentar dari Toshiba dan seorang juru bicara mengatakan ia sedang memeriksa validitas laporan tersebut. [sa-ant]

KOMENTAR