iPad

iPadDi tahun 2012 ini banyak produk yang dirilis oleh vendor-vendor ternama dunia. Mulai dari Apple, Samsung, Microsoft, Nokia sampai ZTE juga telah meluncurkan produk gadget mereka.

Salah satu vendor besar di dunia yaitu Apple juga telah merilis banyak produk mulai dari aplikasi sampai perangkat elektronik lainnya. Sayangnya, dengan peluncuran produk-produk baru tersebut, beberapa perangkat lama ciptaan Apple harus dihentikan produksinya.

Berikut ada 4 produk Apple yang harus dihentikan produksinya selama tahun 2012 ini menurut penelusuran Mashable (22/12).

Apple MacBook

Sebenarnya, Apple telah mengumumkan untuk tidak lagi meneruskan produksi MacBook ini pada tahun 2011 silam, namun produk ini secara resmi akan ‘mati’ pada bulan Januari 2012. MacBook ini memiliki desain yang ‘gemuk’ dan kuno. Oleh karenanya, Apple menggantinya dengan MacBook Air dan MacBook Pro.

New iPad

Dengan dirilisnya iPad 4 yang akhirnya menjadi kontroversi dan bumerang bagi Apple, perusahaan Cupertino ini akhirnya memutuskan untuk tidak lagi meneruskan produksi New iPad. Pada saat perilisan New iPad, banyak permasalahan yang ditimbulkan tablet tersebut. Oleh karenanya, Apple menyempurnakan semua sisi yang dimiliki New iPad di iPad 4 ini.

iPhone 3GS

Seperti halnya New iPad, iPhone 3GS harus dihentikan produksinya setelah iPhone 5 diluncurkan. Setelah iPhone 3GS pensiun, otomatis iPhone 4 akan menempati posisi 3GS sebelumnya yaitu handset entry-level.

MacBook Pro 17 inci

Apple MacBook Pro satu ini pertama kali diperkenalkan ke publik pada tahun 2003 silam dan akhirnya dirilis secara resmi beberapa waktu setelahnya. Sesaat setelah dirilis, banyak penggemar produk Apple yang menjadikan laptop satu ini primadona baru. Namun, akhirnya pada pertengahan 2012 silam, Apple memutuskan untuk tetap meneruskan produksi MacBook pro 13 dan 15 inci saja, sedangkan untuk yang 17 inci tidak akan lagi diproduksi.(*)

merdeka.com