Bireuen, Seputar Aceh – Seluas 92,45 hektare pencetakan sawah baru di Kabupaten Bireuen, telah rampung hingga 80 persen saat ini. Bersumber dari APBN 2009, pengerjaannya dirampungkan oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikutura Bireuen.

Azmi Abdullah, Kadistan Bireuen, Jumat (6/11) mengatakan, pada  musim tanam tahun ini, sejumlah  petani yang berada di lokasi cetak sawah baru tersebut sudah dapat melakukan penanaman padi.

Sawah baru itu di antaranya di Desa Blang Poroh, Kecamatan Jeunieb  seluas 11,76 hektare, Desa Matang Kule, Kecamatan Peulimbang seluas 23,19 hektare, Desa Blang Mee, Kecamatan Kuta Blang seluas area 10 hektare, Desa Lebu Mesjid, Kecamatan Makmur seluas 25 hektare, dan Desa Paya Dua, Kecamatan Makmur seluas 22,50 hektare.

“Untuk hasil produksi kita harapkan dapat  diperoleh sebanyak 40 ton per musim tanam. Meskipun tanah di lokasi cetak sawah baru tersebut masih banyak mengandung kadar asam, namun jika  telah memasuki tiga hingga empat kali musim tanam, peningkatan hasil panen akan bertambah,” kata Azmi.

Ditambahkannya, untuk mendukung itu, saat ini telah ada irigasi yang telah difungsikan. Sedangkan di lokasi cetak sawah baru yang belum memiliki irigasi, yaitu di Desa Blang Poroh, Kecamatan Jeunieb, terpaksa diproses melalui mesin pompanisasi. [sa-des]

KOMENTAR