Bireuen, Seputar Aceh – Puluhan kelompok tani di Kabupaten Bireuen, resmi menjalin hubungan kemitraan dengan PT SAS (Sumber Alam Sutera) selaku perusahaan yang bergerak di bidang usaha jasa agribisnis dan bagian dari PT Bank Artha Graha, untuk membiayai penanaman sedikitnya 100 hektare padi hybrida bernas pada MT 2009-2010.

Hal itu disebutkan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Bireuen, Azmi Abdullah, Jumat (6/11). Hubungan kemitraan tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil uji coba PT SAS beberapa waktu lalu di Desa Cot Bada, Kecamatan Peusangan, Bireuen.

“Dinas berperan sebagai fasilitator, yang bertugas antara lain menentukan kelompok tani mana saja selaku penerima manfaat yang akan dipilih selaku mitra kerja PT SAS yang nantinya akan mendapat peluang,” tutur Azmi seraya menyebutkan keunggulan padi hybrida bernas ini terlihat pada hasil panen berlimpah jika dibandingkan dengan jenis padi yang biasa ditanami petani setempat

“Hasil panen padi hybrida bernas bisa 100 persen lebih banyak dibandingkan padi biasa. Jika padi biasa hanya mampu memberikan hasil enam ton per hektare, bibit unggul dengan pola penanaman berbeda ini bisa memberikan hasil mencapai 12 ton per hektarenya,” kata Azmi.

Selain itu, kegiatan penanaman di beberapa daerah yang dirintis oleh PT SAS dan PT Bank Artha Graha selaku mitra penyalur modal, juga direncanakan program penanaman benih kedele unggul, namun sampai kini program penanaman kedele tersebut masih dalam tahap perencanaan atau penjajakan. [sa-des]

KOMENTAR