Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, barharap banyak wanita yang tampil sebagai pemimpin di perusahaan pemerintah. Setelah melantik sejumlah memimpin posisi penting, satu wanita lagi akan ditunjuk untuk menjadi direktur utama salah satu BUMN.

“Bagi BUMN, makna Hari Kartini bisa lebih berarti kalau kian banyak wanita tampil memimpin BUMN,” kata Dahlan Iskan, Sabtu 21 April 2012.

Dijelaskan Dahlan melalui Kepala Humas dan Protokoler BUMN, Faisal Halimi, tiga bulan lalu satu wanita dilantik jadi dirut BUMN, dan dua bulan lalu ada satu wanita dipilih menjadi wanita pertama yang menduduki jabatan deputi menteri BUMN.

“Sebentar lagi Insya Allah ada satu wanita lagi jadi dirut BUMN,” katanya

Wanita pilihan yang dikatakan Dahlan adalah Deputi Bidang Industri Strategis Kementerian BUMN, Dwijanti Tjahjaningsih, dan direksi PT Hotel Indonesia Natour, Intansari Abdams Katoppo, yang dipilih untuk duduk sebagai direktur pemasaran dan pengembangan usaha.

Sebelumnya Dahlan juga menyampaikan bahwa dirinya percaya kaum muda dan perempuan dapat mengubah kondisi ekonomi Indonesia ke arah yang lebih baik, dan lahirnya wanita dapat mengubah modal sosial suatu negara. Menurutnya, wanita masih sering diperlakukan berbeda dengan laki-laki, sehingga mereka kurang diberdayakan.

Kementerian BUMN sebelumnya juga telah memberikan penghargaan “The Most Achievement Inspiring Woman in BUMN” kepada empat perempuan yang bekerja instasinya.

Penghargaan itu diberikan kepada Wakil Direktur PT Bank Negara Indonesia (BNI) Felia Salim, Direktur Utama PT Pelni Jusabela Sahea, Direktur Utama Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) Nurwati CH Harahap dan Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan. (vnc/YEZ/SB)