Bireuen – Dua remaja belasan tahun warga Kecamatan Kota Juang dan Kecamatan Jeumpa, Bireuen, digerebek warga. Lalu, keduanya diamankan Wilayatul Hisbah (WH) Bireuen. Namun, kedua identitas pasangan belia ini masih dirahasiakan.

Kepala Dinas Syariat Islam Bireuen Drs Umar Budiman, Jumat (16/7/2010) membenarkan pasangan remaja itu ditangkap warga karena berduaan di sebuah kawasan di Gampong Cot Grundong, Kecamatan Jeumpa, Bireuen, Kamis (15/7/2010) pukul 22.00 WIB.

“Personel WH Bireuen menjemput mereka atas permintaan warga. Mereka diamannya karena diduga berkhalwat. Keduanya belum diperiksa, sehingga belum diketahui tingkat kesalahan mereka,” ujar Umar Budiman.

Ia mengatakan, proses penanganan pasangan remaja belasan tahun itu, sebut Umar Budiman, pihaknya akan memanggil kedua pihak keluarga dan perangkat desa guna mencari solusi penyelesaian masalah.

Umar Budiman menerangkan yang harus diketahui masyarakat adalah WH itu bukan sebagai instrumen untuk menghukum orang, tetapi lebih ke arah pembinaan dan menasihati.

“Kalau ada pasangan yang memang sudah tidak dapat dibina dan dinasihati lagi serta sudah tertangkap berulang kali, baru diserahkan kepada penyidik dan diproses hukum sesuai dengan qanun,” ujar Umar Budiman. (*/ha/del)

KOMENTAR