Jakarta — Kian derasnya ekspansi bisnis yang dilakukan Android ternyata menyisakan ruang untuk dikritik. Adalah pemimpin Microsoft Corporation, Steve Ballmer, yang menilai hal tersebut. Ia menilai sistem operasi ponsel pintar Android liar, tidak terkontrol, dan rentan terhadap malware.

“Ekosistem Android itu sedikit liar,” ujar Ballmer dalam wawancara yang dipandu pendiri LinkedIn, Reid Hoffman, seperti dikutip CNET.

Ballmer menambahkan mengenai perangkat tablet dan ponsel pintar Windows 8, pihaknya telah membuat produk yang benar. Selain itu, pihaknya juga telah bekerja sangat erat bersama para pengembang. Namun, ia menyindir hal tersebut tidak dilakukan seperti kompetitornya di Apple dan Google.

Ballmer juga menyinggung sistem operasi iOS Apple yang disebutnya, “Sistem Apple tampak terlalu dikontrol dan berharga cukup tinggi.”

CEO Microsoft itu kemudian mengutip iPhone yang dijual seribu dolar AS (sekitar Rp9,6 juta) di Rusia. “Bagaimana Anda mendapatkan kualitas bukan harga premium dengan ekosistem yang tidak begitu terkontrol,” tuturnya.

Ballmer juga menyatakan kompetisi sistem operasi perangkat-perangkat komunikasi bergerak berserta aplikasi pendukungnya masih tahap awal. “Jika seseorang berpikir inovasi piranti keras di perangkat saku telah berakhir, mereka gila,” katanya.

Namun, Ballmer tidak mengharapkan Microsoft dapat merebut pangsa pasar sebesar 60 persen dari kedua pesaingnya dalam waktu singkat. (skalanews.co.id)

KOMENTAR