Wolfsburg — CEO Volkswagen Ferdinand Piech sangat agresif mengembangkan anggota VW Group. Setelah berhasil mengambil alih Porsche tahun lalu yang menjadi brand ke 12, ia berencana menambahnya hingga 13, bahkan 14 brand.

Kali ini Piech mengatakan bahwa ia ingin mengambil alih brand Alfa Romeo untuk bergabung dengan VW Group, meskipun Sergio Marchionne, CEO Chrysler-Fiat, yang menjadi perusahaan induk dari Alfa Romeo, menyatakan bahwa pihaknya belum ada niat menjual Alfa Romeo.

Dalam wawancara yang dilansir Autoguide, Jumat (8/2) lalu, Piech mengatakan bahwa 10 tahun dari sekarang anaknya akan mengendarai salah satu kendaraan dari 13 brand yang dipegang VW.

Hingga saat ini 12 brand yang dipegang VW adalah Audi, Lamborghini, Bentley, Bugatti, Porsche, Ducati, MAN, Scania, Seat, Skoda, Suzuki dan VW Coomercial Vehicles and Passenger Cars.

Selain itu Volkswagen juga memiliki ikatan dengan Proton Malaysia, yang memiliki pasar di negara berkembang seperti Indonesia.

Volkswagen sepertinya akan memaksa membeli brand tertentu dari China, karena China menuntut pabrikan Eropa dan Amerika memiliki brand China yang akan menarik bagi pembeli di kota-kota kecil dan daerah pedesaan.

Saat ini, VW memiliki Volkswagen dan Skoda di China, namun keduanya tidak mampu menawarkan mobil dengan harga yang lebih murah di pasar negara tersebut. Inilah yang menjadi salah satu alasan lain mengapa VW mungkin akan mempertimbangkan merek China. (inc)

KOMENTAR