London — Film ‘Lincoln’ yang mengisahkan Presiden Amerika Serikat Abraham Lincoln ketika memerangi perbudakan, mendapat 10 nominasi British Academy of Film and Television Art (BAFTA) Awards, Rabu (9/1).

Film besutan sutradara kenamaan Stephen Spielberg dan dibintangi aktor peraih dua Oscar Daniel Day Lewis menjadi unggulan terdepan dalam ajang perfilman termashyur Inggris itu.

Versi film dari pementasan musik global “Les Miserables” dan adaptasi novel terkenal besutan sutradara Ang Lee “Life of Pi” berada di tempat kedua dengan sembilan nominasi, diikuti seri terbaru James Bond “Skyfall”, yang meraih delapan nominasi.

Film drama penyanderaan disutradari Ben Affleck “Argo” meraih tujuh nominasi, sementara adaptasi novel Rusia diproduksi ulang pada tahun lalu “Anna Karenina” mendapat enam nominasi.

Dua film diluncurkan hampir bersamaan pada akhir tahun lalu; film koboi “Django Unchained” karya Quentin Tarantino dan perburuan Osama bin Laden, yang difilmkan dalam “Zero Dark Thirty”, masing-masing meraih lima nominasi.

Dalam sejarahnya, penghargaan BAFTA jarang berhasil memperkirakan film akan sukses di ajang perfilman terbesar, Oscar, meskipun pemenang tahun lalu di London “The Artist” terbukti sukses menyapu piala Oscar.

Upacara penyerahan penghargaan BAFTA, yang resminya bernama EE British Academy Film Awards, akan berlangsung di London pada Kamis (10/1). (pikiran-rakyat.com)

KOMENTAR