Friendster logo
Logo baru Friendster

Sudah tahu rencana Friendster akan menghapus data pribadi Anda di situs jejaring sosial yang sempat populer di tahun 2000-an? kalau belum, simak berbagai ulasan menarik seputar kabar Friendster yang akan berganti dengan kemasan baru.

Berbagai berita yang tersebar di dunia maya, kalau Friendster akan menghapus data-data penggunanya terhitung sejak 31 Mei 2011 nanti memang bukan sekedar bualan. Namun, anehnya banyak pengguna yang lupa dengan keberadaan isu tersebut, malah yang lebih parahnya banyak juga pengguna tidak tahu menahu lagi nama akun atau password-nya.

Perkembangan jejaring sosial, boleh dibilang Friendster-lah yang menjadi situs utama hampir 10 tahun yang silam. Lambat laun, kejayaan tersebut kian tersaingi saat kemunculan Facebook dan Twitter, yang akhirnya berimbas luar biasa pada Friendster. Bukti ini diperkuat dengan banyaknya pengguna Friendster yang hijrah ke Facebook dan Twitter.

Sedang memanasnya jejaring sosial sekitar tahun 2009 yang lalu, Friendster pun berpindah tangan. Sebuah perusahaan retail dan payment, MOL Global Pte. Ltd yang bermarkas di Malaysia mengakusisi Friendster sepenuhnya. Tak lama kemudian, Friendster juga mengubah tampilan utamanya dengan membawa tagline “Connecting Smiles” yang dipercaya bisa lebih menyenangkan bagi penggunanya.

Kini, Friendster secara resmi sudah mengumumkan berita bahwa akan ada perubahan besar-besaran disitus tersebut. Friendster juga telah mengirim berita ini secara massal kepada penggunanya, untuk segera melakukan pemindahan data-data, seperti foto, pesan, komentar, testimonial, shoutout, blog, serta group-group yang diikuti.

Friendster juga sudah menyiapkan halaman resmi Friendster Exporter versi beta di alamat http://widgets.friendster.com/exporter, agar memudahkan penggunanya dalam memindahkan berbagai data-data tersebut, termasuk foto-foto yang bisa langsung dihubungkan ke Flickr dan Multiply.

Lalu apa yang akan dilakukan Friendster kedepan? Friendster sendiri telah menjanjikan untuk menghadirkan berbagai fitur-fitur baru yang bisa membantu penggunanya bersosialisasi dan terkoneksi dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama.

“Situs baru kami didesain untuk menciptakan profil baru yang memudahkan orang terhubung dengan orang lain secara berbeda dengan jejaring sosial lain,” Friendster menjanjikan, seperti yang dilansir oleh Computer World.

Ke depan Friendster akan lebih memusatkan perhatiaan dan fokus utama para dunia hiburan, jadi penggunanya nanti bisa bermain games dan mendengarkan musik sambil saling terhubung dengan rekan-rekannya. “Pada dasarnya, situs baru ini akan melengkapi kehadiran online Anda di jejaring sosial yang lain,” tambah Friendster.

Sampai saat ini, Friendster telah menjalin kerjasama dengan Yahoo! untuk Asia Tenggara dalam melahirkan berbagai games dan juga portal musik. Mungkin inilah salah satu kemasan baru yang akan lahir, setelah program “bersih-bersih” hingga akhir Mei 2011 nanti. Jadi, tunggu saja inovasi terbaru dari Friendster.(af)

KOMENTAR