Langsa, Seputar Aceh – Gampong Alur Nyamuk, Kecamatan Birem Bayeun, ditetapkan sebagai perwakilan Kabupaten Aceh Timur dalam lomba Penilaian Desa se-Provinsi Aceh tahun 2009.

Bupati Aceh Timur, Muslim Hasballah, saat melepaskan tim penilai dari Pendopo Langsa, Kamis (15/10), mengatakan selama ini pihaknya telah berusaha maksimal dalam rangka pembinaan desa di Aceh Timur.

Ketua Tim Panitia Penilaian Desa, Fariati, mengatakan kreteria penilaian mencakup beberapa bidang, terutama mengenai Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS), kelengkapan sarana dan prasarana desa, serta beberapa kriteria lainnya.

Dalam kunjungan ke Desa Alur Nyamuk, Fariati mengaku terkesan terhadap kesiapan desa tersebut dalam mengikuti perlombaan. “Sejak  masuk gerbang desa sudah terlihat suasana keasrian dan kebersihan desa,” kata dia.

Sementara itu Ketua Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Sejahtera Aceh Timur, Jamaluddin, menjelaskan, Desa Alur Nyamuk dipilih mewakili Aceh Timur karena warga setempat memiliki kegiatan-kegaitan positif.

“Partisipasi warga desa sangat tinggi, setiap minggunya seluruh masyarakat melaksanakan gotong royong bersama. Kegiatan kaum ibunya juga sangat aktif, seperti pembuatan abon ikan, jahit-menjahit dan lain sebagainya,” kata dia.

Selain penilaian desa terbaik, tiga penilaian juga dilaksanakan di tiga desa yang berbeda di Kabupaten Aceh Timur, seperti penilaian sayang ibu yang berlokasi di Desa Lhok Sentang Kecamatan Julok, bimbingan keluarga balita berlokasi di Desa Matang Perlak, Kecamatan Pante Bidari. Dan penilaian nakerwan yang berlokasi di Desa Blang Simpo, Kecamatan Peureulak Timur. [sa-smi]