Seputar Aceh – Gempa berkekuatan 7,2 SR di Sinabang, Pulau Simeuleu, Aceh, sempat menimbulkan tsunami lokal. Tsunami terlihat di tiga lokasi yang berbeda.

“30 Menit setelah gempa kita melihat ada gelombang tsunami di Pulau Banyak setinggi 40 cm dan Pulau Nias setinggi 20 cm serta Sibolga setinggi 10 cm,” ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Dr Fauzi seperti yang diberitakan detikcom, Rabu (7/4/2010).

Namun karena ancamannya tidak besar, peringatan tsunami akhirnya dicabut. “Tadinya ada ancaman tsunami, kemudian kita pantau ancamannya. Kita lihat ancamannya tidak besar, maka ancaman diakhiri,” jelas Fauzi.

Fauzi menambahkan, gelombang tsunami yang timbul akibat gempa kali ini tidak sebesar tsunami yang timbul di Aceh pada tahun 2004 lalu. Selain itu, kata Fauzi, pihaknya juga telah mengantisipasi bahaya tsunami dengan memasang alat dan juga memberikan pengumuman kepada masyarakat apabila ada potensi terjadi tsunami.

“Kita siarkan jika ada potensi tsunami. Jadi masyarakat bisa dievakuasi, sistem pun terus kita perbaiki,” tambahnya.(dtc)

KOMENTAR