Jakarta – Gempa 8,8 SR yang melanda Chili, Amerika Selatan, tak satu pun yang mengorbankan Warga Negara Indonesia yang berada di sana.

“181 warga negara kita di sana dalam kondisi baik, semua selamat,” kata Juru Bicara Kementrian Luar Negeri Teuku Faizasyah, seperti yang diberitakan Inilah.co,m Jakarta, Minggu (28/2).

Seluruh korban selamat yang berjumlah 181, saat ini berada di ibu kota negara tersebut, Santiago de Chile. Namun Faizasyah tak menjelaskan di tempatkan di mana seluruh WNI. Faiza juga belum mendapatkan informasi, mengenai kerugian materi yang dialami WNI di sana, termasuk kondisi tempat tinggal mereka di sana.

“Kita belum dapat info lebih luas apakah mereka kehilangan tempat tinggal atau tidak,” tutur Faizasyah.

Terhadap WNI yang selamat, lanjut dia, tidak akan dilakukan pemulangan sementara ke Indonesia, meskipun kondisi di negara tersebut belum bisa dipastikan berapa lama akan pulih dari gempa itu. “Mereka lazimnya akan tetap melanjutkan pekerjaan di sana,” ujarnya.

Mengenai kondisi kantor Keduataan Indonesia di Santiago de Chile, dijelaskan dia, tidak mengalami kerusakan parah meskipun jalur komunikasi dengan pemerintah Indonesia sempat terputus, selama 1 hari. “Kantor kedutaan di sana hanya genteng-genteng saja yang pecah, kantornya masih bisa berfungsi,” tandas Faizasyah. (inc)

KOMENTAR