Indonesia sering dilanda gempa bumi. Gempa kuat terakhir mengguncang Aceh pada 11 April 2012, yang berkekuatan 8,5 skala ricther. Gempa yang kuat bisa diatasi jika telah disiapkan persiapan. Jika ada peringatan tsunami, masyarakat harus menjauhi pantai.

Infrastruktur bangunan yang kuat serta akses menuju tempat tinggi yang baik akan sangat membantu mengurangi dampak akibat gempa. Gempa memang sering mengguncang Indonesia, terutama pantai barat Sumatera, pantai selatan Jawa hingga NTT, Maluku dan Maluku Utara, serta Sulawesi dan Papua.

Dengan bangunan tahan gempa, maka akan sangat membantu jika terjadi gempa kuat. Bangunan tidak roboh sehingga tidak membahayakan orang didalamnya dan orang disekitar gedung itu. Sedangkan akses ke tempat yang lebih tinggi untuk mengantisipasi jika terjadi tsunami.

Persiapan setelah gempa juga perlu dilakukan. Tim penyelamat maupun tim dokter sangat dibutuhkan jika terjadi gempa yang membuat banyak korban. Pemerintah dan pihak lainnya harus saling mendukung untuk mengikuti cara menghadapi gempa yang baik, agar meminimalisir korban dan kerusakan. (inlanews)

KOMENTAR