Banda Aceh — Untuk menghindari resiko kecelakaan saat mudik Lebaran, pada H-2, semua sopir angkutan di Aceh akan di lakukan tes urin, dan pada malam ini tes urin juga akan di lakukan bagi awak kapal penyebrangan di Ulee Lheue.

Tes urin bagi awak angkutan khususnya sopir, memang menjadi agenda rutin bagi satuan Badan Narkotika Nasional (BNN) Aceh dan Dinas Perhubungan, terlebih jelang mudik Lebaran seperti saat ini. Kepala Bidang Perhubungan Darat Dishubkomintel Aceh, Andi Fiardi mengatakan, tes urin ini di lakukan untuk memastikan tidak adanya sopir angkutan yang terindetifikasi narkoba.

Lebih lanjut Andi mengatakan, tes ini akan di lakukan serentak bagi awak angkutan di Aceh, dan jika dalam tes urin nanti, terbukti adanya sopir yang teridentifikasi positif memakai narkoba, maka sopir tersebut akan di ganti  dan di beri sanksi.

Andi mengakui, pada tahun lalu, dari hasil tes urin sopir angkutan di Aceh, tidak ada yang positif menggunakan narkoba, namun dalam hal ini, tes urin bagi sopir angkutan jelang mudik wajib di lakukan, ini bertujuan untuk menghindari terjadinya kecelakaan saat mudik lebaran. dan akan di mulai sejak hari ini hingga H-1.

Sementara koordinator Kurnia Group, Marvin menyatakan, “pihaknya siap untuk melakukan tes urin, karena sejauh ini sopir angkutan kurnia group, tidak ada yang menggunakan narkoba, dan medukung adanya tes urin ini” sebagai antisipasi terjadinya kecelakaan saat mudik Lebaran. (koranbogor.com)

KOMENTAR