Depok — Jajanan yang tidak sehat kini banyak ditemukan di lingkungan disekolah. Hal ini tentu membuat resah para orang tua.

Sejak tahun 2006, Dinas Kesehatan Kota Depok menemukan 85% dari jajanan sekolah mengandung bahan berbahaya, hingga kini keadaan di lapangan belum jauh berbeda.

Kondisi ini menimbulkan kepedulian dari lima mahasiwa Aceh yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Kampus Universitas Indonesia (UI) untuk melakukan perubahan. Melalui lomba Unilever Leadership Action on Sustainable (ULAS), mereka mengkampanyekan ide #BacktoBekal yang dikemas dalam bentuk video.

Menurut salah satu penggagas #BacktoBekal, Novita Eliana menyebutkan muncul ide tersebut untuk membiasakan diri para orang tua memberi bekal kepada buah hatinya sebelum berangkat sekolah.

“Ide kami ini salah satu upaya membiasakan kembali kebiasaan membawa bekal bagi siswa sekolah dasar. Hal ini dikarenakan, makanan yang dibawa dari rumah cenderung lebih aman dan sehat dibanding jajanan sekolah yang kerap mengandung formalin, boraks dan zat pewarna lainnya”, ujarnya kepada SeputarAceh.com, Rabu (11/07).

Novita juga menambahkan dalam mewujudkan ide mereka ini, tim #BacktoBekal juga akan membentuk Usaha Kecil Menengah (UKM) yang menyediakan bekal sehat yang dikemas dalam kawaii bento style agar menarik perhatian anak-anak.

Kampanye bekal sehat dari tim #BacktoBekal tersebut merupakan tahap kedua dari seleksi lomba ULAS Unilever. Saat ini kampanye dimulai di jejaring sosial yaitu di Facebook Unilever dan Twitter serta jejaring sosial lainnya. Agar dapat menjalankan program “Back to Bekal” dengan bantuan dana dari Unilever, tim ini harus menjadi top 10 dari 20 tim yang lolos seleksi tahap dua.

“Untuk jadi top 10, tim #BacktoBekal butuh partisipasi dari Anda (pengguna) Facebook untuk mengklik “like” di link video kami, tiga tim yang memperoleh “like” tertinggi dipastikan akan menjadi top 10”, harap Novita bersama tim #BacktoBekal.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan video dari tim #BacktoBekal ini bisa lihat disini.  (*/red)

[accordion title=”Tim #BacktoBekal:”]

  • Hafifullah Khalis (Mahasiswa Fasilkom UI),
  • Novita Eliana (Mahasiswi FISIP UI),
  • Annisa Marlin (Mahasiswi FT UI),
  • Andri Mubarak (Mahasiswa FT UI), dan
  • Ryan Hasri (Mahasiswa FISIP UI).

Tim #BacktoBekal saat ini masih tercatat sebagai mahasiswa dan anggota paguyuban Aceh di Depok-Salemba, yaitu SAMAN UI. Saat ini mereka masih berpacu dengan tim lain untuk dapat mewujudkan gerakan sosial ini.

[/accordion]