Banda Aceh — Selama bulan Ramadan dan menjelang datangnya Hari Raya Idul Fitri 1433 H, jasa pencucian kendaraan atau doorsmeer banjir order baik jenis sepeda motor maupun mobil untuk disolek lebih cantik di Banda Aceh.

“Ramainya sejak pagi hingga sore, bahkan ada juga yang datang di saat dekat mau beduk untuk cuci motor,” kata Dito, pemilik Doorsmeer Manda di Jalan T Angkasah, Kota Alam, Senin (13/8).

Dito mengaku, sudah satu minggu terakhir jumlah pelanggan yang datang meningkat. Dia pun panen rezeki, karena dalam sehari bisa mencuci 30 hingga 40 unit sepeda motor. Tak heran dia dan anak buahnya terpaksa lembur.

“Kadang kalau sudah sore, ada 40 unit motor yang datang. Jadi pelayanannya menjadi sedikit lambat, karena harus satu-satu, maka pelanggan ya harus sabar,” katanya, seraya mengatakan biaya mencuci sepeda motor per unit Rp 15.000.

Hal yang sama terjadi di pencucian sepeda motor skala menengah di Jalan Panglima Polem. Kendaraan yang akan dicuci terlihat berjajar rapi menunggu giliran. “Kalau sudah ramai begini, bisa menunggu sampai tiga jam,” kata salah seorang pelanggan, Azhari.

Sementara Mitra Door Smeer di Jalan Pocut Baren, Peunanyong, yang khusus mencuci mobil mematok tarif Rp 35.000. “Kami buka dari pagi sekitar pukul 08.00 sampai sore pukul 18.00 WIB,” kata sang pemilik, Fuad.

Fuad mengaku, satu hari di tempatnya bisa mencuci mobil antara 20 hingga 30 unit. Dan ramainya pelanggan berdampak pada peningkatan pendapatan, sehari dia bisa memperoleh omzet Rp 1 juta, bandingkan dengan penghasilan di bulan sebelumnya yang hanya mencapai seperempatnya. (Medan Bisnis)

KOMENTAR