Sabang – Menjelang bulan puasa Ramadhan, sejumlah warga memadati kawasan wisata. Tingginya kunjungan warga ke objek-objek wisata itu dimulai Sabtu (23/7) dan puncaknya pada Minggu (24/7).

Sejumlah pengunjung mengungkapkan, membawa sanak keluarga berakhir pekan sebelum memasuki bulan Ramadhan sudah seperti tradisi.

Pantai Iboih merupakan salah satu lokasi wisata favorit dalam menghabiskan waktu libur bersama keluarga. “Karena dalam bulan puasa kita tidak berekreasi lagi ke objek-objek wisata,” tambahnya.

Padatnya pengunjung objek wisata juga mempengaruhi perputaran uang di lokasi tersebut. Para penjaja dagangan meraup untung cukup lumayan. “Kalau sekarang ini agak lumayan lakunya, karena ramai,” ujar salah seorang pedagang. Selain pedagang makanan, penyediaan alat-alat snorkling atau menyelam juga ramai peminat.

Pengamatan MedanBisnis, selain Pantai Iboih dan Gapang, objek wisata yang ramai juga Sumur III, Anoi Itam, Kolam Air Panas dan Taman Laut Pulau Rubiah.

Sementara di Banda Aceh dan Aceh Besar, ribuan pengunjung juga menyerbu sejumlah objek wisata. Seperti Pantai Ulee Lhee, Pantai Unjong Bate, Pantai Lhoknga, Pantai Lamphuuk, Pantai Pasir Putih, dan objek-objek lainnya.

“Kami datang ke pantai untuk berlibur bersama kelurga, soalnya kami ingin menikmati suasana di pantai sebelum datangnya bulan suci Ramadhan,” ujar Salman (32), Minggu (24/7).

Namun di kesempatan itu, dia berharap pengelola tempat wisata untuk melakukan penambahan terhadap sejumlah fasilitas, karena di sekitar pantai agak kotor.

Kendati ramai, pengunjung kawasan pantai sempat terganggu dengan angin kencang dan hujan selama sekitar satu jam. Sebagian warga yang khawatir dengan kondisi tersebut memilih pulang.

Jelang sore, saat pengunjung mulai banyak yang pulang, kemacatan terjadi di beberapa jalan, seperti jalan keluar dari Ulee Lheue, Lampu’uk dan Ujong Bate.[mbd]

KOMENTAR