Sabang — Kapal pesiar MV Clipper Odyssey berbendara Bahamas yang mengangkut ratusan wisatawan mancanegara (Wisman) akan berlabuh di kawasan objek wisata Iboih, Kota Sabang, Provinsi Aceh.

Kabid pemasaran Dinas Pariwisata Sabang M Ali Taufiq yang dihubungi dari Banda Aceh, Rabu (9/1), menjelaskan kapal pesiar milik International Shipping Partner Inc yang mengangkut sebanyak 135 wisatawan itu dijadwalkan tiba pukul 5.30 WIB, Kamis (10/1).

“Kapal pesiar tersebut mengangkut sebanyak 135 penumpang dan tercatat69 awak bertolak dari Pelabuhan Belawan Medan, Provinsi Sumatera Utara,” katanya.

MV Clipper Odyssey merupakan kapal pesiar pertama berlabuh di daerah tujuan wisata andalan Aceh, Sabang pada awal tahun 2013.

Para wisatawan penumpang kapal pesiar itu berada selama enam jam untuk menikmati keindahan panorama alam Sabang, terutama wisata laut dengan aneka ragam terumbu karang dan spesies unik lainnya di kawasan Iboih dan Gapang.

Pemkot Sabang yang diwakili Dinas Kebudayaan dan Pariwisata akan menyuguhkan kegiatan serimonial penyambutan secara sederhana dengan menampilkan beberapa atraksi budaya khas Aceh.

Sabang yang telah ditetapkan pemerintah sebagai salah satu kawasan destinasi nasional, Ali Taufiq menjelaskan terus berbenah diri khususnya terhadap objek wisata andalan.

“Kami terus membenahi objek-objek wisata andalan dengan harapan dapat menarik arus wisatawan lebih banyak ke Sabang. Promosi wisata Sabang juga mendapat perhatian khusus pemerintah,” katanya menjelaskan.

Dari sektor wisata diharapkan dapat menumbuhkembangkan pendapatan masyarakat dengan berbagai unit usaha kecil, seperti rumah makan, penginapan dan transportasi.

“Kemajuan sektor wisata akan berdampak besar bagi upaya percepatan pertumbuhan ekonomi Kota Sabang. Karenanya masyarakat sangat mendukung kemajuan sektor kepariwisataan Sabang,” kata Ali Taufiq menambahkan. (ant)