Sabang – Minimnya kriminalitas dan gangguan keamanan di Kota Sabang, mengakibatkan anggaran keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Polres setempat tidak terserap. Sabang layak disebut kota paling aman di Aceh.

Hal itu diungkapkan mantan Kapolres Sabang AKBP Imam Thobroni, Rabu (5/5/2010) malam di sela-sela lepas sambut Kapolres baru dari AKBP Imam Thobroni kepada AKBP Sigit Kusmardjoko di Mapolres setempat.

“Anggaran Kamtibmas tidak terserap karena kurangnya kasus Kamtibmas,” ujar Imam Thobroni.

Imam mengakui, selama dua tahun memimpin Polres Sabang, situasi di pulau itu selalu aman jika dibanding tempat lain yang tingkat kriminalnya tinggi.

“Di tempat lain cukup parah, di Sabang  tidak ada hal-hal yang mengkhawatirkan. Ini akibat tidak terlepasnya partisipasi semua pihak yang membuat Sabang ini masih kondusif,” kata calon Kapolres Situbondo, Jawa Timur ini.

Sementara Kapolres Sabang yang baru, AKBP Sigit Kusmardjoko berharap masyarakat dapat menerima dirinya sabagai warga baru di Kota Sabang. Dia juga meminta dukungan semua pihak untuk tetap mempertahankan situasi aman ini.

“Kita punya komitmen menjaga kamtibmas dan memberantas peredaran narkoba. Mari kita berantas bersama, sebelum narkoba menghancurkan masa depan keluarga kita,” ajak Kapolres pada malam lepas sambut Kapolres Sabang yang dihadiri unsur Muspida, tokoh masyarakat, pengusaha dan berbagai pihak lainnya.

Pada kesempatan sama, Wakil Walikota Sabang Islamudin ST menambahkan sejauh ini Sabang cukup-cukup kondusif, begitu juga tingkat kriminalitas yang sangat rendah.

“Ini tidak terlepas atas partisipasi semua masyarakat yang sama-sama menjaga keamanan Kota Sabang,” katanya.(*/ha/crz)

KOMENTAR