Jakarta — Pihak Research in Motion (RIM) Indonesia akhirnya sudah berhasil mengatasi masalah gangguan BlackBerry Messenger yang begitu mengganggu pengguna BlackBerry. Satu per satu pemakai layanan ini, sudah mulai bisa BBM-an sekitar pukul 17.30 WIB.

“Sudah mulai bisa sekarang. Sudah banyak juga yang bisa menikmati layanan BBM,” ujar Public Relation Manager RIM Indonesia Yolanda Nainggolan kepada ShowbizLiputan6.com, Jakarta, Rabu (3/10).

Yolanda menampik jika dikatakan server RIM nge-down. “Ada masalah di server tapi servernya tidak down. Memang ada masalah teknis (incident service) saja,” tambahnya.

Sejak pukul 11.00 WIB, banyak pengguna BlackBerry yang mengeluh lantaran tak dapat menggunakan BBM. RIM Indonesia mengakui sebagian pengguna BlackBerry di Asia Pasifik memang mengalami gangguan.

RIM Harus Bertanggungjawab

Sementara itu, Menkominfo Tifatul Sembiring akan meminta RIM untuk mempertanggungjawabkan buruknya kualitas layanan yang selama ini dirasakan oleh para pengguna BlackBerry di Indonesia.

Terganggunya layanan BlackBerry Messenger kembali membuat Kementerian Kominfo jengah. Kominfo mencatat, gangguan masif yang dialami pelanggan BlackBerry di Indonesia sudah tiga kali terjadi dalam setahun terakhir.

“Ini sudah yang ketiga kalinya. Kali ini, kami akan meminta RIM untuk melaporkan secara detail gangguan yang terjadi kepada Menkominfo Tifatul Sembiring,” kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo Gatot S Dewa Broto.

Menurut Gatot, terjadinya gangguan dalam layanan merupakan salah satu bukti kesalahan RIM yang masih belum mau membangun data center di Indonesia. (liputan6.com/detik.com)

KOMENTAR