Kutacane — Setelah sempat terjadinya persaingan dengan kontingen lain dalam perolehan medali kontingen Kota Lhokseumawe akhinya tampil sebagai juara umum pada penyelenggaraan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) XIII Kementerian Agama Tingkat Provinsi Aceh di Kutacane Aceh Tenggara.

Tampilnya Kota Lhokseumawe sebagai juara umum pada even duan tahunan Kementerian Agama Aceh pada rekapitulasi akhir perolehan medali di media centre Porseni XIII mereka mengumpulkan 11 medali emas, empat medali perak dan lima medali perunggu.

Sementara untuk posisi kedua Kota Banda Aceh dengan perolehan sembilan medali emas, 10 medali perak dan enam medali perunggu serta posisi ketiga Kabupaten Bireuen dengan perolehan delapan medali emas, 12 medali perak dan tujuh medali perunggu.

Kotingen Aceh Besar yang sempat bersaing dengan kontingen Kota Lhokseumawe dalam perolehan medali harus puas diurutan keempat dengan delapan medali emas, empat perak dan empat medali perunggu serta posisi kelima kontingen Pidie Jaya dengan perolehan enam medali emas, sembilan medali perak dan empat medali perunggu.

Porseni XIII Kementerian Agama Tingkat Provinsi Aceh yang berlangsung sejak 26 Nopember 2012, Sabtu (1/12) sore berakhir dan ditutup Wakil Bupati Aceh Tenggara H Ali Basrah dalam sebuah acara sederhana di Gedung Olahraga Sepakat Segenep Kutacane.

Dalam sambutannya Ali Basrah antara lain mengatakan, pihaknya sangat terharu atas suksesnya pelaksanaan Porseni XIII dan Expo Madrasah II dengan peserta atau kontingen datang dari seluruh Provinsi Aceh.

“Selama sepekan berlangsung Porseni XIII dan Expo Madrasah II meskipun diguyur hujan lebat namun menurut pantauan kami atlet dan kontingen secara umum tetap bersemangat dan betah berada di Kutacane,”tandas Ali Basrah yang disambut tamu undangan dan kontingen dengan tepuk tangan.

Sebelumnya Kakanwil Kemenag Aceh Drs H Ibnu Sa.dan, MPd mengatakan, pihaknya telah melakukan evaluasi dan memberi penilaian selama berlangsung Porseni XIII dan Expo Madrasah II di Kutacane secara umum berlangsung cukup baik dan sukses.

“Kami menilai Porseni kali ini jauh lebih baik dari Porseni-porseni sebelumnya baik itu jumlah cabang olahraga dan seni yang dipertandingkan atau diperlombakan maupun keseriusan kontingen dan dukungan Pemkab Aceh Tenggara yang luar biasa,”kata Ibnu Sa’dan yang dimbuat juga tepuk tangan.

Ia juga menyinggung tentang potensi sumber daya manusia merupakan asset daerah sekalihus modal dasar dalam membangun.Potensi ini dapat diaktualisasikan jika digali melalui proses pendidkan yang seimbang dan terarah dengan manajemen yang baik.

Selama berlangsung Porseni XIII Kementerian Agama Aceh juga diadakan Expo Madrasah II dan berdasarkan hasil penilaian tim juri yang keluar sebagai juara umum adalah stand Expo Madrasah dari Kontingen Aceh Tengah.

Acara penutupan Porseni XIII dan Expo Madrasah II ditandai dengan penyerahan piala bergilir untuk juara umum Porseni oleh Kakanwil Kemenag Aceh Ibnu Sa’dan dan penyerahan trophy tetap oleh Wakil Bupati Aceh Tenggara H Ali Basrah yang diterima masing-masing ketua kontingen. (KemenagNews)

KOMENTAR