Banda Aceh – Kementerian Pariwisata Malaysia mengundang 146 jurnalis dan agen perjalanan dari 22 negara untuk meliput dan menyaksikan Grand Prix Formula One di sirkuit Sepang, 23-25 Maret 2012.

Seratusan wartawan yang sudah tiba di Kuala Lumpur sejak Rabu (21/3) itu disambut oleh Menteri Pariwisata Malaysi YB Dato’ Sri Dr Ng Yen Yen dalam kegiatan “Welcome Dinner” F1 Petronas Malaysia GP 2012 di sebuah hotel berbintang di Kuala Lumpur, Kamis malam.

Kegiatan di bawah Program Familiarisation Mega ke F1 Petronas Malaysia Grand Prix itu dimanfaatkan oleh Kemeterian Pariwisata untuk mempromosikan objek wisata di negeri jiran itu kepada masyarakat dunia.

Tamu yang berasal dari Australia, Belgia, Brunei, Cina, Kamboja, Perancis, Hong Kong, India, Jepang, Laos, Selandia Baru, Rusia, Afrika Selatan, Korea Selatan, Swedia, Thailand, Filipina, Turki, Inggris, Kanada, Vietnam, dan Indonesia itu ditanggung akomodasinya selama di Malaysia oleh pemerintah setempat.

Menteri Dato’ Ng Yen Yen pada kesempatan itu menyampaikan selamat datang ke Kuala Lumpur yang diharapkan menjadi negara kedua bagi warga negara asing.

Ia menyatakan, undangan ini merupakan bentuk terima kasih Pemerintah Malaysia yang selama ini telah mempromosikan Malaysia di seluruh dunia, sehingga jutaan turis datang ke sini.

Menteri menyatakan, pariwisata merupakan sektor kelima yang berkontribusi besar untuk kemajuan ekonomi di Malaysia, sehingga promosi merupakan salah satu faktor utama untuk menyebarluaskan objek-objek wisata ke seluruh dunia.

Ia menyatakan, pada 2012 menargetkan 24 juta lebih turis datang ke Malaysia, sehingga Kementerian Pariwisata bekerja keras agar wisatawan mancanegara mau datang ke negeri ini.

Sebelum kegiatan “Welcoma Dinner” itu juga disampaikan program Malaysia sebagai tempat tujuan menyelam, bermain golf dan bersepeda oleh Tuan Syed Abdul Rahman, Wakil Presiden Scuba Diving Malaysia Dasar, Paul Gibbons, Ketua Malaysia Golf Asosiasi Pariwisata, dan Ina Adham, Editor majalah Rider Wisata.

Pada malam sambut tamu itu juga para jurnalis disuguhi pertunjukan budaya dan disajikan dengan sertifikat partisipasi.

Pada Jumat, para jurnalis juga menyaksikan peluncuran paket Tour 5-Mountain motor oleh Perdana Menteri Malaysia YAB Dato ‘Sri Najib Tun Abdul Razak, di Putra World Trade Center.

Paket tur sepeda motor merupakan kerja sama dengan World Tour Rider dan beberapa lembaga yang mengkhususkan dalam bersepeda wisata untuk mempromosikan Malaysia sebagai daera tujuan bersepeda.

Pada Mega Familiarisation itu para jurnalis juga berkesempatan enghadiri sesi latihan, babak kualifikasi dan perlombaan sebenarnya Formula One pada Minggu (25/3).

Setelah menyaksikan Formula One yang akan disaksikan lebih kurang 300 juta pemirsa di seluruh dunia itu, para jurnalis juga diajak untuk melihat langsung objek wisata ke Malaka, Penang dan Langkawi. (ant)

KOMENTAR