SAAT sedih atau sedang galau banyak orang menyarankan untuk tidak mendengarkan lagu yang melankolis. Apakah Anda termasuk salah satunya?

Ternyata orang yang suka mendengarkan musik sedih ada banyak manfaatnya. Misalnya kebanyakan orang lebih suka mendengarkan Adele “Someone Like You” dari pada Pharrell Williams “Happy”. Menarik bukan.

Seperti dilansir oleh Today, peneliti Liila Taruffi dan temannya melakukan penelitian soal musik ini dengan menemui para mahasiswa di Universitas Berlin Jerman untuk menanyakan musik apa yang mereka suka. Kebanyakan mahasiswa mengatakan bahwa musik melankolis bisa menghilangkan rasa sedih.

Selain itu, penelitian ini juga melibatkan respon dan orang-orang di dunia. Sebanyak 770 orang di seluruh dunia mengatakan mendengarkan musik melankolis dapat membangkitkan emosi positif. Orang akan merasakan kedamaian.

“Orang-orang beralih ke musik sedih untuk merasakan kenyamanan, dan mengatasi perasaan buruk sehingga akan merasa senang,” jelas Liila Taruffi.

Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa, musik melankolis bisa mengatasi kesedihan seseorang karena ketika mendengarkan musik tersebut, orang akan berimajinasi sendiri sehingga kesedihannya akan terlupakan. Hal inilah yang bisa membantu mereka untuk mengekspresikan dan melepaskan emosi.

Ketika mendengarkan musik sedih kebanyakan orang bisa mengekspresikan dirinya. Pendengar juga akan merasakan berbagi kesedihan dengan musik sehingga akan merasakan keadaan yang lebih baik.[]