Jumpa pers Miss Coffee Indonesia 2013 bersama Miss Coffee Indonesia 2012 & Miss Coffee International 2012 (Mutya/Okezone.com)
Jumpa pers Miss Coffee Indonesia 2013 bersama Miss Coffee Indonesia 2012 & Miss Coffee International 2012 (Mutya/Okezone.com)

SETELAH sukses dengan penyelenggaraan perdananya tahun lalu, tahun ini kembali Asosiasi Duta Indonesia (ADI) bersama Kemenparekraf dan Kementerian Pertanian menyelenggarakan Pemilihan Miss Coffee Indonesia.

Ketua Asosiasi Duta Indonesia Lisa Ayodhia mengatakan Miss Coffee Indonesia 2013 diikuti oleh 38 peserta yang berasal dari 33 provinsi di Indonesia, baik wilayah yang merupakan produsen kopi maupun pengkonsumsi kopi di Tanah Air. Sementara itu seleksi Miss Coffee Indonesia 2013, telah berlangsung sejak bulan Februari hingga April 2013 lalu.

“Rangkaian acara Miss Coffee Indonesia 2013 akan dimulai pada 10 Mei sampai dengan 18 Mei 2013 bertempat di Jakarta. Peserta akan menjalani masa karantina di Royal Kuningan Hotel Jakarta. Selama masa karantina, para finalis Miss Coffee Indonesia 2013 akan mengikuti rangkaian kegiatan dan pelatihan, seperti lecture mengenai pengetahuan tentang kopi dan berkunjung ke perkebunan kopi,” katanya.

Peserta juga akan diajak untuk melihat perkebunan kopi di Pengalengan, Jawa Barat. Selanjutnya mereka akan tampil dalam Malam Budaya dan Bakat di Gedung Sapta Pesona, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Jakarta.

Miss Coffee Indonesia diharapkan dapat menjadi duta yang mempromosikan kopi Indonesia, dan dapat menjadi rekanan bagi pabrik-pabrik kopi atau eksportir kopi dalam negeri nantinya.

“Mereka tidak hanya cantik, tapi juga pintar dan memiliki pengetahuan yang luas mengenai kopi, cara mengolahnya dari saat dipanen hingga disajikan sebagai sebuah minuman. Inilah tujuan dari ajang ini, untuk mencari seorang duta yang tidak hanya cantik, tapi juga tahu seluk beluk kopi yang merupakan salah satu komoditas ekspor terbesar Indonesia,” jelas Lisa.

“Dengan ikut ajang Miss Coffee Indonesia, saya tidak hanya mendapat informasi yang menarik mengenai aerowisata kopi di Indonesia dan juga jenis-jenis kopinya, tapi juga bagaimana menikmati kopi dengan baik,” tutur Bianca Beatrice, Miss Coffee Indonesia 2012.

Pemenang Miss Coffee Indonesia nantinya juga akan mengikuti ajang Miss Coffee International yang akan diselenggarakan di Yogyakarta pada Oktober mendatang.

Tahun lalu, Miss Coffee Indonesia 2012 Bianca Beatrice mendapat posisi runner-up pertama dalam ajang Miss Coffee International 2012. Gelar Miss Coffee International tahun lalu disabet oleh Catherine Ramirez dari Republik Dominika. (*/okezone.com)

KOMENTAR