Beijing — Ponsel pintar yang dikembangkan oleh pencipta Firefox diperkirakan akan meluncur di Eropa pada tahun ini. Mozilla bekerja sama dengan produsen piranti telepon China ZTE mengatakan akan mengeluarkan ponsel yang berbasis sistem operasi (operating system) si ‘rubah api’ tersebut tahun ini.

Kepala eksekutif ZTE Cheng Lixin juga mengatakan ponsel tersebut akan dipasarkan di Amerika Serikat (AS) tahun ini.

Jika telah rampung, ponsel itu akan bersaing dengan Android Google di pasar ponsel pintar. Cheng tidak merinci vendor Eropa mana yang akan menjual ponsel tersebut.

Jay Sullivan, wakil presiden produk di Mozilla, menjelaskan perusahaan itu juga bekerja dengan pembuat perangkat Qualcomm, TCL Communication Technology Holdings untuk memproduksi telepon tersebut.

“Minat dan momentum terus tumbuh pada Firefox OS,” ujar dia.

Seperti dikutip dari PocketLint, Cheng Lixing juga menyebutkan untuk pasarnya nanti masih perlu diamati kembali ekosistem yang berlaku saat ini.

“Kami saat ini sedang mengawasi dan mengamati ekosistem tersebut, bahagaimana ekosistem tersebut berevolusi,” ungkap Lixin.

Saat ini OS Android berada pada tiga perempat penjualan di pasar ponsel pintar, tapi menurut para analis, Firefox OS sudah diprediksi akan meraih 1% kue pasar ponsel pintar dunia pada 2013.

Strategy Analytics baru-baru ini menulis, “Mengalahkan Android bukanlah tugas yang mudah”. Tentu untuk berekspansi melampaui status niche, Firefox OS harus mengatasi tiga tantangan. Pertama, mereka tidak terlalu dikenal dikalangan konsumen ponsel pintar di seluruh dunia. Kedua, kehadiran yang terbatas di pasar AS. Ketiga, ekosistem aplikasi dan jasa yang terbatas. (dbs)

KOMENTAR