ibu-dan-anak-ilustrasiSEBERAPA populer nama Anda? Saat ini pemberian nama bayi semakin beragam, ketika para orang tua mengikuti apa yang dilakukan selebritas idola mereka. Bahkan beberapa di antaranya memberikan nama dengan ejaan terbalik. Contohnya nama Nevaeh untuk kebalikan ejaan dari Heaven (surga).

Demikian hasil riset terbaru tentang pemberian nama bayi di Inggris, sebagaimana dilansir Telegraph. Popularitas nama warga Inggris bisa dianalisis dari sebuah situs web baru yang melansir daftar nama dengan statistik.

Riset yang didasarkan pada data Badan Pusat Statistik Inggris, itu menemukan bahwa nama-nama bayi semakin beragam dan para orang menghindari nama anaknya dengan nama tradisional. Situs England & Wales Baby Names menemukan bahwa jumlah nama bayi yang berbeda meningkat 50 tahun dalam 15 tahun.

Dari data ditemukan bahwa nama paling populer adalah Lily untuk anak perempuan dan Oliver untuk anak laki-laki.

Namun, pengujian data menemukan ada 27 ribu nama Nevaeh. Ini merupakan jumlah dengan pertumbuhan tercepat dan menempati ranking 163 di Inggris sebagai nama yang paling banyak digunakan.

Situs tersebut dilengkapi dengan alat yang dapat memeringkat nama seseorang dibandingkan dengan populasi umumnya. Ditemukan pada 2010, lebih dari 320 anak memiliki nama Nevaeh, dibandingkan pada 2000 tidak ada anak yang tercatat memiliki nama tersebut.

Tren ini terkait dengan apa yang telah dilakukan oleh musisi Amerika, personel grup musik Rock POD, Sonny Sandoval, yang memberikan nama Nevaeh pada salah satu anaknya. Dia kemudian menceritakan kepada dunia tentang nama anaknya tersebut dalam sesi wawancara dengan MTV. Sontak, yang nama itu menjadi sangat populer dan menjadi topik pembicaraan dalam chat room di internet.

Pada 2001, nama Nevaeh masuk dalam daftar 1.000 nama paling populer di Amerika Serikat. Beberapa nama lain yang juga tidak biasa seperti Macy, Miley, Olly, dan Kenzie.

Sebagai perbandingkan, nama Jordan yang merupakan nama model terkenal dan bintang bola basket popularitasnya menurun selama 16 tahun terakhir.

Analisis riset tersebut menyebutkan bahwa jumlah nama unik semakin bergam. Pada 1996, ada sebanyak 8.700 nama yang berbeda dibandingkan 13.400 pada 2010. Hanya nama yang diberikan kepada tiga bayi atau lebih yang masuk dalam daftar ini.

Selain itu, ditemukan pula bahwa nama pertama yang ditulis dengan penghubung menjadi populer tiga kali lipat sejak Badan Pusat Statistik mengkompilasi dafta nama bayi secara tahunan, seperti nama yang dimulai dengan huruf I.

Staf situs web Stoke-onTrent, Anna Powell, mengatakan nama tidak biasa mempengaruhi tren pemberian nama bayi di Inggris. “Saya kira, jumlah nama dengan pertumbuhan dan penurunan terbesar bisa menjadi ukuran tren untuk mendefinisikan periode ini,” ujarnya. (vista.com)

KOMENTAR