Banda Aceh – Sebuah universitas dari Norwegia, Hedmark University College pada tahun akan menyalurkan beasiswa bagi dokter dan perawat Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Banda Aceh guna memperdalam ilmu kejiwaan.

“Setahun ada dua orang yang kita kirim untuk belajar ke Norwegia dengan beasiswa yang diberikan Hedmark University College yang saat ini sedang belajar,” kata Direktur RSJ Aceh Drs. H. Saifuddin Abdurrahman, SMPH, M.Kes usai penandatanganan MoU antara Rumah Sakit Jiwa Aceh dengan Hedmark University College Norwegia di salah satu hotel berbintang di Banda Aceh, Sabtu (20/3).

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kerjasama antara Direktur RSJ Aceh Saifuddin Abdurrahman dengan perwakilan dari Hedmark University College yang diwakili Prof. Margrete Gillium turut disaksikan guru besar keperawatan University Sweden (Karistad University) dan guru besar dari Hedmark University. Utusan lainnya dari Norwegia adalah Prof. Bodil Wide Larson RNT Ph.D, Prof Gun Nordstorm, Karl Kvigne, Prof Reidum Hov, Servarld Hoye, Ingrid Rysted dan Anne Grete Kydland.

Pada MoU itu ada lima kesepakatan kerjasama, yaitu pertukaran staf  RSJ Aceh dan mahasiswa Norwegia dalam rangka magang, pertukaran informasi tentang kesehatan jiwa, kerjasama dalam bidang riset/penelitian, pemberian beasiswa dan pertukaran ilmu pengetahuan, sharing sistem informasi kesehatan jiwa dan seminar.(*/kha/cqi)

KOMENTAR