BERPISAH dari pasangan memang bisa meninggalkan patah hati yang mendalam. Apalagi jika perpisahan tersebut terjadi tanpa alasan. Namun, jangan terlalu lama ‘menikmati’ patah hati atau bahkan menyimpan dendam terhadap pria yang menyakiti Anda. Pasalnya, patah hati dan dendam bisa menimbulkan penyakit serius terhadap tubuh Anda.

Itulah hasil penelitian Doctor of Medicine, Alex Likerman bersama ilmuwan dari University of Chicago. Menurut Alex, patah hati akibat ditinggal atau disakiti pasangan terbukti sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan kejiwaan perempuan.

Penyakit seperti jantung koroner, kelainan fungsi pencernaan, dan ketidakstabilan kejiwaan mengancam perempuan yang mengalami patah hati secara permanen. Kondisinya semakin parah lagi jika patah hati itu diakibatkan oleh kematian.

Dendam terhadap pria yang menyakiti Anda juga bisa menyebabkan penyakit, seperti maag kronis. Penyebabnya, pikiran Anda hanya akan dipenuhi cara untuk menjatuhkan pria itu tanpa memedulikan kondisi tubuh Anda.

Anda juga harus waspada agar tidak mengalaminya karena berdasarkan hasil penelitian tersebut terungkap bahwa 7 dari 10 wanita menyimpan dendam ketika disakiti pria. Hal ini berbeda jika wanita disakiti oleh sahabat, rekan kerja, atau atasan. Mereka lebih mudah melupakan sehingga tidak berpengaruh banyak terhadap kondisi kesehatan. (citacinta)

KOMENTAR