Sabang – Enam teroris yang membajak kapal nelayan KM Karya Bahari sekitar 2 mil dari perairan Sabang, berhasil dilumpuhkan tim pasukan anti teror TNI AL. Dalam aksi penyelamatan itu, dua dari enam tersangka teroris tewas ditembak petugas.

Penyergapan kelompok teroris itu merupakan simulasi yang digelar TNI AL Sabang, Rabu (14/4/2010) sekitar pukul 12.00 WIB. Drama yang dimainkan pasukan KRI Sultan Iskandar Muda (SIM) itu bagian dari Satuan Tugas Operasi Arung Pari-10 yang sedang melaksanakan patroli pengamanan laut di perairan Selat Malaka selama 180 hari.

Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (E) Yanuar Handwiono mengharapkan simulasi yang dilaksanakan KRI Sultan Iskandar Muda 367 dapat memberikan dampak penangkalan, selain menditeksi tindakan ilegal lainnya yang terjadi di perairan Aceh.

“KRI Sultan Iskandar Muda merupakan kapal perang terbaru milik TNI AL kelas Sigma. Kapal ini akan terus melaksanakan tugasnya di perairan Aceh, khususnya Sabang untuk menditeksi kemampuannya dalam menangani masalah di laut,” jelasnya.

Dalam simulasi yang berlangsung hampir satu jam lebih itu, pihak TNI AL juga ikut melibatkan lima KRI lainnya, serta satu unit pesawat helly. Aksi pasukan khusus TNI AL itu menjadi sebuah tontonan menarik ratusan pelajar dan masyarakat setempat karena berlangsung tegang dan penuh dramatis.(*/ha/crz)

KOMENTAR