Julok – Toyota Corporation yang merupakan anak cabang dari Toyota Motor dan  bergerak di bidang enegri alam berniat untuk menanamkan modalnya di Kabupaten Aceh Timur dalam bidang Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG).

Direncanakan PLTG akan dibangun dengan kapasitasbesar 65 mega watt dengan bahan bakunya bersumber dari ladang gas blok A yang terletak di Alue Rambong Sa, Kecamatan Julok, Aceh Timur. Saat ini adalah ladang gas tersebut dimiliki oleh PT Medco Energy.

Yamaghuci salah satu dari empat warga negara Jepang perwakilan kantor Toyota Corporation Jakarta, kepada seujumlah wartawan Selasa (11/5/2010) lalu saat melakukan kunjungan kerjanya di Kabupaten Aceh Timur guna melihat langsung lokasi yang akan dibangun PLTG di Aceh Timur mengatakan, ketertarikan pihaknya untuk melakukan investasi di daerah ini mengingat selama ini untuk Sumatera khususnya Aceh selalu mengalami krisis listrik.

Namun, untuk dana investasi yang akan mereka kucurkan dalam pembangunan PLTG tersebut ia belum bisa menjelaskan berapa banyak, sebab pihaknya akan menungu hasil investigasi lebih lanjut dari tim yang akan menghitung berapa jumlah dana yang dibutuhkan. “Apabila jumlah dananya sudah diketahui baru kita bisa menyebutkan berapa angka nominalnya investasi yang akan kita tanamkan di sini,” ujarnya.

Sementara itu Manager PLN Cabang Langsa, Baharuddin, SE yang turut dalam rombongan tersebut menjelaskan, bahwa dirinya belum bisa berkomentar terlalu banyak mengenai proyek PLTG tersebut. “Kalau memang proyek ini jadi akan dibangun nantinya, pihak PLN sendiri sudah pasti akan melakukan kerjasama dengan membeli pasokan listrik dari PLTG tersebut,” ungkapnya.(*/ha/sri)

KOMENTAR