Aceh Tamiang — Pertamina EP Rantau mengembangkan pemijahan bibit ikan gurami di Aceh Tamiang. Program ini dilakukan sebagai tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) bagi masyarakat.
Pada kegiatan ini Pertamina menggandeng kelompok budidaya gurami Patra Tanjung Jaya di Kampong Tanjung Seumantoh, Kecamatan Karang Baru.

Humas Pertamina EP Rantau, Herisym Sembiring, kepada MedanBisnis, Selasa (10/7) mengatakan, pemijahan bibit gurami ini sengaja dibuat karena sebelumnya kelompok budidaya gurami pernah mengalami kegagalan panen. Hal itu dikarenakan bibit yang ditebar ke kolam pembesar berasal dari luar daerah yakni dari Bukit Tinggi, Sumatera Barat.

Bibit-bibit tersebut mengalami stress, kemungkinan akibat perjalanan jauh, sehingga pada saat penebaran banyak yang mati.

Itulah sebabnya, untuk mengantisipasi terulangnya kegagalan serupa, Pertamina EP Rantau bersama kelompok budidaya gurami Patra Tanjung Jaya sepakat melakukan pemijahan bibit sendiri. “Dimulai dari 10 kolam pemijah dari 14 induk gurami,” kata Heri.

Dalam pembudidayaan ikan gurami ini, kata Heri, Pertamina hanya mendukung pendanaan. Sementara Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui dinas terkait menyediakan tenaga teknis untuk memberikan penyuluhan kepada kelompok. “Dengan adanya penyuluhan tersebut, diharapkan kelompok dapat membudidayakan ikan gurami sesuai dengan petunjuk,” katanya.

Datok Penghulu Kampong Tanjung Seumantoh, Saiful Alam, menyambut baik program CSR Pertamina tersebut. “Kepedulian ini kami apresiasi, karena memang sangat membantu peningkatan ekonomi masyarakat yang berada di sekitar lokasi daerah eksplorasi Pertamina Rantau,” katanya.

Lebih lanjut dia berharap, kelompok Patra Tanjung Jaya benar-benar memanfaatkan kesempatan dan bantuan yang diberikan tersebut sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal sebagaimana yang diharapkan, dalam rangka perbaikan dan peningkatan pendapatan mereka ke depan. (Medan Bisnis)

KOMENTAR