Banda Aceh, Seputar Aceh- Aparat Kepolisian Aceh ikut memberikan pengamanan kedatangan mantan petinggi Gerakan Aceh Merdeka (GAM), Hasan Tiro, di Banda Aceh, Sabtu (17/10).

“Kita telah diminta untuk memberikan pengamanan baik secara tertutup maupun terbuka selama Hasan Tiro berada di daerah Aceh,” kata Kabid Humas Polda Aceh, Kombes (Pol) Farid AS di Banda Aceh.

Farid menyebutkan, pengamanan dengan pengerahan personil Polri itu dilakukan setelah adanya permintaan para pengurus Partai Aceh (PA).

PA salah satu partai politik lokal pemenang pemilihan umum (Pemilu) legislatif 2009. Sebagian besar para pengurus PA itu adalah mantan kombatan GAM. Partai lokal tersebut meraih sebanyak 33 dari total 69 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) pada Pemilu Legislatif lalu.

Hasan Tiro dan sejumlah mantan petinggi GAM, seperti Malik Mahmud akan tiba di bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, sekitar pukul 14.00 WIB, setelah menempuh penerbangan dari Malaysia dengan menggunakan pesawat komersial Fairfly.

Selain Polri, ratusan warga masyarakat terutama simpatisan PA dari berbagai kabupaten di Aceh telah berkumpul di Banda Aceh untuk menyambut kedatangan Hasan Tiro tersebut. Bahkan, sebagian warga telah berkumpul di bandara SIM bersama rombongan PA lainnya.

“Kedatangan Hasan Tiro kali ini untuk melihat sejauh mana perkembangan pelaksanaan nota kesepahaman (MoU) damai Helsinki,” kata humas panitia penyambutan kepulangan Hasan Tiro, Ligadinsyah.

Kepulangan Hasan Tiro dimaksudkan juga untuk memberi pengarahan pada anggota DPR Aceh periode 2009-2014 yang sebagian besar berasal dari PA.

Para anggota PA telah menyewa satu unit rumah senilai Rp75 juta yang diperuntukkan bagi tempat tinggal sementara Hasan Tiro, selama berada di provinsi berpenduduk sekitar 4,6 juta jiwa tersebut.[sa-ant-jmg]

KOMENTAR