LARANGAN menyanyi di kamar mandi rupanya tidak hanya terjadi di cerita fiksi karya Seno Gumira Ajidarma. Di Venezuela, Presiden Hugo Chavez mengimbau warganya untuk tidak menyanyi saat mandi.

Ini dilakukan karena setiap tahunnya Venezuela mengalami krisis energi dan air. Karena itu, warga Venezuela diimbau untuk berhemat air dan tidak berlama-lama di kamar mandi. Demikian seperti dikutip dari ananova.com, Sabtu (24/10).

“Beberapa orang menyanyi di bawah pancuran, mereka menghabiskan waktu selama 1,5 jam di bawah pancuran,” kata Chavez, dalam rapat kabinet yang ditayangkan sebuah televisi lokal.

Chavez menegaskan dirinya selalu berada di posisi terdepan dalam memerangi pemborosan energi. “Tiga menit lebih dari cukup untuk mandi. Saya telah menghitungnya, tiga menit dan buktinya saya tidak bau,” katanya.

“Jika kalian ingin berbaring di bak mandi dengan sabun dan kalian menggunakan Jacuzzi, bayangkan komunisme macam apa itu?” tegasnya.

Meningkatnya permintaan dan kurangnya investasi telah menyebabkan pemadaman listrik di Venezuela dalam beberapa bulan terakhir. Situasi ini semakin memburuk dengan rendahnya curah hujan yang mempengaruhi debit air di waduk hidroelektrik yang mensuplai sebagian energi bagi negara itu.

Chavez sebelumnya telah mengumumkan langkah-langkah untuk megendalikan penggunaan energi. Dia menginstruksikan beberapa departemen pemerintah dan perusahaan nasional untuk mengurangi konsumsi energi sebanyak 20 persen. [sa-dtc]

KOMENTAR