Sehat dan bahagia sangat terpancar dari keluarga orang nomor satu di Amerika ini. Ya dia adalah Barack Obama. Bersama keluarga kecilnya ternyata Obama punya kiat untuk menjaga stamina agar selalu terlihat fit dan bugar. Ternyata selama tinggal di Gedung Putih, keluarga bahagia ini tidak pernah absen berolahraga, dan yang terpenting lagi selalu mengkonsumsi makanan sehat.

Terkait kesehatan Obama dan keluarga, chef Gedung Putih, Sam Kass mengakui bahwa presiden sangat memperhatikan kesehatannya dan keluarga. Bahkan Obama tidak pernah absen mengkonsumsi sayuran dan buah. Bayam, brokoli, kacang hijau, ikan, ayam dan beras merah merupakan asupan sehat yang selalu dikonsumsi Obama dan keluarga. Untuk olahraganya sendiri, Obama sangat suka basket, berlari, sepakbola, olah tubuh seperti push up, lompat tali, bahkan tinju.

Kass tidak memungkiri bahwa Presiden pun kadang masih mengonsumsi junkfood atau makanan cepat saji, tapi Kass sangat yakin pola makan Obama sangat seimbang. “Keluarga Obama masih menikmati pizza dan burger, tapi mereka memiliki pola makan yang sangat seimbang,” kata Kass.

Dihadapan ratusan anak-anak yang sedang mengikuti kegiatan Departemen Pendidikan Amerika Serikat, ‘orang dalam’ Gedung Putih itu membuka rahasia kebugaran dan kesehatan keluarga Obama. Kass berharap hidup sehat ala Obama dapat menginspirasi gaya hidup mereka. Kegiatan yang digelar tersebut merupakan salah satu bagian dari kampanye Lets Read, Lets Move, yang dipelopori oleh Departemen Pendidikan untuk mendorong anak-anak agar lebih aktif bergerak serta banyak membaca untuk mengisi kegiatan liburan musim panas mereka.

Akhir Maret lalu pun, Ibu Negara Michele Obama saat diwawancari salah satu majalah lokal di AS mengungkapkan bahwa orangtua harus menerangkan kepada anak-anak tentang alasan berolahraga, hal ini menurutnya bisa menjadi motivasi untuk sang anak. Bahkan wanita yang sudah memberi dua putri untuk Obama ini, selalu menyajikan cemilan sehat untuk anak-anaknya.

“Anak-anak saya menyukai buah-buahan segar maupun kering. Sejak lama saya membiasakan untuk menaruh wadah buah di tempat yang mudah mereka jangkau,” paparnya. (kabarinews)