MENONTON TV memang menyenangkan, setidaknya Anda bisa menyegarkan pikiran. Hanya saja, kabar mengejutkan datang dari para peneliti Australia yang menyatakan bahwa menonton TV dapat mengurangi usia hidup.

“Bagi mereka yang berusia di atas 25 tahun ketika menonton TV selama satu jam, maka harapan hidupnya berkurang sebanyak 22 menit,” jelas para peneliti tersebut, yang dilansir news.com.au, Selasa (16/10).

Penelitian ini didasarkan pada mereka yang gemar menonton TV setidaknya enam jam per hari dan dibandingkan dengan mereka yang tak menonton TV sama sekali.

Berdasarkan data dari the National Bureau of Statistics and the Australian Diabetes, Obesity and Lifestyle, para peneliti memeroleh data secara umum mengenai data kebiasan umum warga Australia. Ternyata, hasilnya sungguh mengkhawatirkan.

“Saat menonton TV ini berkaitan dengan hilangnya nyawa yang sebanding dengan faktor-faktor risiko utama penyakit kronis, seperti tak ada aktivitas fisik, merokok dan obesitas,” begitu yang dilaporkan dalam penelitian.

Dapat dikatakan, jelas peneliti, temuan ini menunjukkan kerugian besar yang terjadi bila seseorang menghabiskan waktu dalam jangka panjang dengan menonton TV.

Penelitian itu juga mengungkapkan bahwa pada tahun 2008, warga Australia berusia 25 dan lebih tua menyaksikan TV dalam tahun itu saja sebanyak 9,8 miliar jam.

Sementara itu, penelitian terbaru di Amerika Serikat juga menyimpulkan bahwa warga Amerika rata-rata menghabiskan waktu menonton TV sebanyak 35,5 jam per minggu.

Jadi, ingin hidup lebih lama? Mulailah mengurangi kebiasaan menonton TV terlalu lama. (irn)

KOMENTAR