Banda Aceh — Ribuan pelajar kurang mampu mulai tingkat Sekolah Dasar (SD), SMP dan SMA memperoleh beasiswa dari Baitul Mal Banda Aceh yang diserahkan secara simbolis oleh Wakil Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal.

“Beasiswa yang diserahkan hari ini merupakan salah satu kepedulian Pemerintah melalui Baitul Mal dibidang pendidikan, semoga dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin,” kata Illiza Sa’aduddin Djamal di Banda Aceh, Senin (15/10).

Didampingi Kepala Baitul Mal Banda Aceh Salahuddin Hasan seusai menyerahkan bantuan secara simbolis di SMP Negeri 18, ia juga mengatakan pendidikan merupakan salah satu jalan keluar bagi bangsa menuju kearah kemajuan dan berperadaban.

“Pendidikan bagian dari usaha untuk meningkatkan taraf kesejahteraan dan menjadi elemen penting bagi pembangunan bangsa, maka kita butuh generasi yang mempunyai kualitas dimasa kini dan yang akan datang,” kata Illiza.

Menurutnya, untuk mencapai keinginan menciptakan generasi yang berkualitas tentu dibutuhkan biaya untuk pendidikan, pemerintah Kota Banda Aceh juga terus berupaya membantu para pelajar dari keluarga kurang mampu agar dapat menyelesaikan studinya.

Ia juga mengatakan beasiswa yang diserahkan lembaga penyalur zakat Baitul Mal juga sangat membantu Pemerintah Kota untuk memenuhi kebutuhan pelajar dari keluarga kurang mampu.

“Anggaran yang tersedia di APBD kita untuk membantu pendidikan anak kurang mampu masih sangat terbatas, kita berharap warga kota untuk menyalurkan zakat melalui Baitul Mal agar bantuan sebesar Rp300 ribu hingga Rp450 ribu ini dapat dinikmati pelajar setiap bulan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Baitul Mal Kota Banda Aceh Salahuddin mengatakan dari Januari hingga Oktober 2012 zakat yang telah diterima Baitul Mal sebesar Rp9.9 Miliar.

“Masih banyak warga Banda Aceh Aceh yang tidak menyalurkan zakat melalui Baitul Mal padahal potensinya mencapai Rp60 miliar. Kami terus berupaya mensosialisasikan agar masyarakat mau menyalurkan zakatnya melalui Baitul Mal,” kata Salahuddin. (ant)

KOMENTAR