Subulussalam – Wali Kota Subulussalam, Provinsi Aceh, Merah Sakti, Jumat (3/2) hari ini, membuat kejutan buat kepala dinas, badan dan kantor serta seluruh asistennya. Kendaraan roda empat dinas milik mereka ditarik dan digantikan dengan sepeda dayung.

Sedikitnya 44 mobil yang menjadi kendaraan dinas hari ini tidak dioperasikan lagi keperluan berangkat kerja. Mobil-mobil dinas tersebut kini telah berganti dengan sepeda dayung yang diserahkan secara langsung oleh Wali Kota di Lapangan Beringin Kota Subulussalam. Sepeda-sepeda itu akan menjadi kendaraan favorit pemerintah daerah setempat.

Untuk tahap awal, bersepeda ke kantor hanya dilakukan setiap hari Jumat. Meski baru sehari Wali Kota optimistis program bersepeda menuju kantor itu menjadi solusi yang baik agar pejabat lebih peka akan kesehatan dan peduli soal lingkungan. Mobil hanya digunakan untuk keperluan dinas keluar.

Wali Kota Merah Sakti menegaskan, jika program bersepeda tidak diindahkan ia tidak segan-segan akan menindak tegas serta memberikan sanksi khusus. Nantinya, seluruh pegawai negeri yang bekerja di seluruh jajaran kantor pemerintahan setempat dapat membeli sepeda sebagai sarana jalan menuju tempat kerja masing-masing.(metrotvnews)

KOMENTAR