Banda Aceh — Selain sejumlah kota-kota besar di Indonesia, Banda Aceh sebagai ibu kota Provinsi Aceh juga menggelar Car Free Night, Senin (31/12) malam nanti diberbagai ruas jalan protokol.

Hal tersebut juga disampaikan oleh pihak Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol Drs Unggul Sediyantoro MSi yang akan menutup sejumlah ruas jalan nantinya yang bisa dipergunakan bagi pejalan kaki.

“Jalur car free night, (malam bebas kendaraan) itu khusus bagi pejalan kaki yang telah memarkirkan kendaraannya di titik-titik yang sudah ditentukan. Di jalur car free night juga diperboleh bagi mereka pengguna sepeda serta bentuk aktivitas lain yang tidak mengganggu dan menimbulkan polusi udara,” ujarnya.

Selain melibatkan Polda Aceh, Unggul juga menyebutkan untuk menjaga ketertiban dan kelancaran malam pergantian tahun itu, juga melibatkan pihak Polresta, Pomdam IM, Prajurit TNI, Dinas Perhubungan dan Satpol PP sebanyak 800 persenol.

Adapun ruas jalan yang ditutup seperti Jalan Tgk Daud Beureueh dan semua persimpangan yang tembus ke jalan tersebut, Jalan Sri Ratu Safiatuddin, Jalan STA Mahmudsyah melewati jembatan Pante Pirak, Jalan Panglima Polem Peunayong yang tembus Simpang Lima. Sejumlah jalan tersebut mulai ditutup dari pukul 22.00 WIB hingga pukul 02.00 WIB dini hari dan dikhususkan bagi penjalan kaki,

Sementara itu, sejumlah kegiatan di ruas jalan tersebut juga akan tampil meriah dari berbagai komunitas untuk masyarakat dan pejalan kaki, seperti aksi bersepeda malam (nite riding), permainan musik perkusi, flashmob dan kegiatan hiburan lainnya menjelang detik-detik pergantian tahun baru.[]

KOMENTAR