Bandung – Ujian Nasional (UN) untuk siswa sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) digelar serentak di seluruh Indonesia mulai Senin (16/4). Pada hari pertama adalah mengujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Berdasarkan pantauan SCTV, pelaksanaan ujian di SMA Negeri 1 Baleendah, Bandung, Jawa Barat, berlangsung lancar. Tidak ada masalah apa pun, terutama terkait pengamanan soal. Ini seperti yang diungkapkan Kepala SMAN 1 Baleendah A.A. Sudaya.

Namun terlepas dari pengamanan yang super ketat tersebut, sejumlah siswa menerima pesan singkat atau SMS yang diklaim merupakan kunci jawaban UN. Total ada lima paket jawaban. Meski sempat diragukan, kunci jawaban itu diakui cocok dengan soal yang diberikan.

Terkait adanya dugaan kebocoran soal UN, Profesor M. Aman W. selaku Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menegaskan belum menerima laporan tersebut. Kendati demikian, ia berjanji segera menerjunkan tim guna menyelidikinya.

Sebelumnya, Dewan Pendidikan Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menemukan praktik jual-beli kunci jawaban soal ujian yang dibanderol seharga empat juta hingga tujuh juta rupiah. Meski belum bisa memastikan kebenaran praktik jual-beli kunci jawaban ujian nasional, penyelidikan segera dilakukan dengan melibatkan polisi. (liputan6)

KOMENTAR