Hari Buku Sedunia (Foto ANTARA/Adeng Bustomi)

PERINGATAN World Book Day atau hari buku Sedunia dirayakan setiap 23 April. Pada kesempatan ini, para pecinta buku dan pemerhati hak cipta dari berbagai belahan dunia merayakannya, tak terkecuali di Indonesia.

World Book Day atau Hari Buku sendiri dirancang UNESCO sebagai perayaan buku dan literasi yang diadakan di seluruh dunia tiap tahunnya. Indonesia sendiri baru pertama kali melaksanakannya di tahun 2006 dengan prakarsa Forum Indonesia Membaca yang didukung oleh berbagai pihak, baik itu pemerintah, dunia usaha, akademisi, komunitas dan masyarakat umum.

Dilansir dari laman Unesco.org, pada Hari Buku Sedunia, UNESCO mengajak semua masyarakat untuk peduli terhada buku dan semua orang yang menghasilkan buku.

“Hari ini adalah hari untuk merayakan buku sebagai perwujudan kreativitas manusia dan keinginan untuk berbagi ide dan pengetahuan, untuk menginspirasi pemahaman dan toleransi,” tulis laman tersebut.

Pada awalnya hari buku ini adalah bagian dari perayaan Hari Saint George di wilayah Katalonia sejak abad pertengahan dimana para pria memberikan mawar kepada kekasihnya. Namun sejak tahun 1923 para pedagang buku memengaruhi tradisi ini untuk menghormati Miguel de Cervantes, seorang pengarang yang meninggal dunia pada 23 April.

Sejak saat itu, para perempuan lebih memilih memberikan sebuah buku sebagai pengganti mawar yang diterimanya. Pada masa itu lebih dari 400.000 buku terjual dan ditukarkan dengan 4 juta mawar. Pada tahun 1995, Konferensi Umum UNESCO di Paris memutuskan tanggal 23 April sebagai World Book Day.

Hari Buku di Linimasa

Tidak hanya di dunia nyata, di linimasa Twitter, sejumlah netizen atau tweeps—sebutan untuk pengguna socmed—juga ikut merayakan hari buku sedunia ini. Dengan kata kunci – Happy World Book Day, Selamat Hari Buku, dan tagar #HariBuku – sampai menjadi trending topic di Twitter.

Para tweeps bicara berbagai hal tentangnya. Ada yang bicara serius, ada juga yang komentarnya lucu-lucu.

Itulah beberapa kata dan sambutan di Twitter yang berhasil kami kutip dalam rangka menyemarakkan Hari Buku Sedunia.[]

KOMENTAR